Word Formation : Pengertian, Jenis Dan Contoh Kalimat

Pembentukan kata: definisi, jenis dan contoh kalimat dalam bahasa Inggris

word-formation

Dalam bahasa Inggris terdapat banyak prefiks dan sufiks yang dapat ditambahkan pada sebuah kata untuk mengubah arti atau klasifikasinya. Di bawah ini, IBI akan membahas bagaimana membentuk kata yang paling umum digunakan, atau yang biasa disebut dengan pembentukan kata. Mari kita lihat bersama

Definisi pembentukan kata

Yang dimaksud dengan pembentukan kata adalah proses pembentukan kata dengan menambahkan sufiks pada suatu kata dan membentuk kata dengan arti lain dengan menambahkan imbuhan pada awalan dan akhiran. Ini adalah proses pembentukan kata dengan menggabungkan, memotong, menggabungkan, atau meminjam dari bahasa lain sehingga bentuk kata berubah dari asalnya.

Proses pembentukan

Ada beberapa proses yang bisa kita gunakan dalam pembentukan kata, yaitu; Peracikan, derivasi, infleksi, mata uang, konversi, peminjaman, pencampuran, kliping, pembentukan kembali, akronim, onomatopoeia.

Penggabungan

adalah proses pembentukan kata dengan menggabungkan dua atau lebih kelas kata menjadi suatu bentuk baru. Contoh: pekerjaan rumah, papan tulis, dll.

Penurunan

adalah proses pembentukan kata dengan menambahkan penambahan atau penambahan kata, sehingga pembentukan kata baru yang dihasilkan mengarah pada perubahan kelas kata dan perubahan makna. Contoh Act (V) Aktor (N) dll.

Lengkungan

adalah proses pembentukan kata dengan menambahkan imbuhan tanpa mengubah part of speech dalam pembentukan kata baru. Penggunaan infleksi adalah sebagai penanda jamak -s, penanda -s (dia minum), kata ganti orang ketiga tunggal, penanda bentuk lampau ed (past tense), dll.

timbul

adalah kata yang terdiri dari penyebutan nama produk sehari-hari seperti kata Aqua, Sanyo, Kodak (kamera). Orang cenderung menyebut nama pada produk yang mirip dengannya dan bekerja dengan cara yang sama.

Mengubah

adalah proses mengubah part of speech tanpa mengubah bentuk kata. Contoh: mengolesi roti, mengosongkan kotak, membotolkan air, dll.

Meminjamkan

adalah proses pembentukan kata dengan meminjam atau mengadopsi kosakata dari bahasa lain. Contoh: pencuri, penuntutan, dll.

Mencampur

adalah proses pembentukan kata dengan menggabungkan dua kata atau lebih dengan menghilangkan bagian tertentu dari kata lama sebelum menggabungkannya menjadi kata baru. Contoh: Brunch adalah kata baru untuk sarapan dan makan siang, travel report adalah kata baru untuk travel dan monolog, dll.

Memotong

adalah proses pembentukan kata dengan memotong bagian kata itu sendiri. Clipping juga diartikan sebagai proses pembentukan kata dari kata-kata dengan lebih dari satu suku kata yang menerima proses clipping kata di awal atau di akhir. Contoh: bensin jadi gas, profesor-profesor, flu influenza, dll.

Kembali

Pendidikan adalah proses pembentukan kata dengan memisahkan imbuhan atau yang merupakan kata dasar dari suatu kata. Backformation juga didefinisikan sebagai pemotongan bagian kata yang menyebabkan perubahan kelas kata dari formasi barunya. Contoh: Editor (N), potong morfemnya atau menjadi Edit (V).

akronim

adalah proses pembentukan di mana singkatan atau perpanjangan istilah dapat diambil dari huruf pertama setiap suku kata dan hasilnya dapat diucapkan sebagai kata. Contoh: ISO (Organisasi Standar Internasional), WWW (World Wide Web), WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), dll.

Onomatopoeia

adalah kata yang muncul dari suara yang mewakili kata benda. Contoh: Cock-a-doo (kukuruyuuk), meow (meow), dll.

sumber :