Statistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis

Definisi statistik

pengertian-statistik

Statistik adalah rangkaian angka yang digunakan atau digunakan untuk menjelaskan objek, baik itu angka acak atau angka yang disusun dalam daftar grafis. Atau definisi lain dari statistik adalah bahwa statistik adalah sekumpulan metode dan aturan untuk mengumpulkan, menganalisis, mengolah, dan menginterpretasikan data dari angka. Statistik adalah rangkaian angka yang menjelaskan dan menjelaskan sifat data, serta hasil observasi. Di bawah ini adalah pemahaman tentang statistik Menurut para ahli

Pahami statistik menurut para ahli

  • Croxton dan Cowden
    Statistik adalah suatu metode pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan interpretasi data dalam bentuk angka.
  • Anderson Dan Bancroft
    Statistik merupakan inti dari ilmu dan seni desain, dan merupakan cara yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi, dan menginterpretasikan data kuantitatif sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdasarkan probabilitas matematis (probabilitas).).
  • Prof. Prof. DR. Sudjana, M.A., M.Sc.
    Statistika adalah ilmu yang membahas tentang cara mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan berdasarkan kumpulan data. Tentu saja, analisis juga dilakukan.
  • Steel dan Torrie
    Statistik adalah metode yang memberikan cara atau langkah untuk mengevaluasi ketidakpastian inferensi induktif.
  • Drs. Djawanto
    Menurut Drs. Djawanto, statistika adalah kumpulan angka-angka yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu masalah.
  • J. Supranto
    Mengekspresikan istilah statistik dalam dua kelompok, yaitu:
    Dalam arti sempit
    Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
    Dalam arti luas,
    Statistika adalah pemahaman ilmiah yang mempelajari bagaimana data dapat dikumpulkan, disajikan, dianalisis, dan ditarik kesimpulan umum berdasarkan hasil penelitian ekstensif.

Keuntungan statistik

Di bawah ini adalah manfaat dan peran statistik, diantaranya sebagai berikut:

  • Dalam kehidupan sehari-hari, statistik tersebut berperan sebagai penyedia materi atau sebagai penyajian berbagai hal yang harus diolah dan diinterpretasikan.
  • Dalam penelitian ilmiah, statistik ini dapat bertindak sebagai alat untuk mengungkapkan atau bahkan mengambil informasi yang tampaknya tersembunyi dalam angka.
  • Dalam ilmu pengetahuan, statistik berperan sebagai alat analisis sekaligus interpretasi diri terhadap data kuantitatif ilmiah sehingga data tersebut dapat disimpulkan.

Fungsi statistik

Ada 2 fungsi statistik umum termasuk:

  • Fungsi deskriptif
    Fungsi deskripsi statistik adalah fungsi statistik yang digunakan untuk memahami data, mendeskripsikan data, menjelaskan data dan peristiwa yang dikumpulkan dalam suatu penelitian atau investigasi, dan tidak membuat generalisasi atau kesimpulan tentang populasi yang diteliti.
  • Fungsi inferensi
    Fungsi statistik inferensial adalah fungsi statistik yang dengannya seluruh atau populasi dapat diprediksi dan juga dikendalikan berdasarkan data atau gejala serta peristiwa dalam suatu penelitian. Jadi bagian ini dimulai dengan perkiraan, hipotesis.

Tujuan statistik

Berikut adalah tujuan statistik, yaitu sebagai berikut:

  • Deskripsi dan penjelasan data tentang populasi yang diteliti / dipelajari
  • Mengurangi jumlah populasi besar ke ukuran yang lebih mudah dipahami
  • Untuk dapat menentukan kondisi di mana hipotesis dapat digunakan atau untuk membantu melakukan sesuatu.
  • Mampu memberikan estimasi atau model dari nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diperiksa.
  • Perkiraan konsekuensi hipotesis yang diterima yang digunakan berfungsi sebagai dasar pengambilan atau
  • pengambilan keputusan yang akan dilakukan.

Jenis statistik

Berdasarkan orientasi diskusi

Berdasarkan arahan pembahasannya, statistik tersebut dibagi menjadi dua bidang yaitu matematika dan statistika terapan.

Statistika matematika sama dengan statistika teoritis yaitu mengutamakan pemahaman suatu model, menurunkan konsep dan juga rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti pemahaman penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas. , dan Error dan seterusnya. Sementara,
Statistik terapan mengutamakan pemahaman konsep serta teknik statistik dan penggunaan atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

Berdasarkan tahapan atau tujuan analisis

Berdasarkan tujuan analisis, statistik tersebut dapat dipecah lagi menjadi dua bidang, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Statistik deskriptif mengacu pada pengumpulan, pemrosesan, analisis, dan penyajian data tanpa menarik kesimpulan umum atau umum. Data dalam statistik deskriptif disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, poligon, perhitungan mean, median, mode, persentil, desil, perhitungan distribusi data dengan menghitung rata-rata dan standar deviasi, menghitung persentase. Selain melakukan analisis korelasi, analisis regresi atau membandingkan mean, tetapi tanpa melakukan uji signifikansi. Sementara,
Statistik inferensial ini memungkinkan penarikan kesimpulan umum.

Berdasarkan asumsi yang dianalisis tentang sebaran data populasi

Berdasarkan asumsi tentang sebaran data populasi yang dianalisis, maka statistik tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik.

Statistik parametrik adalah statistik yang didasarkan pada model distribusi normal
Statistik nonparametrik adalah statistik yang menggunakan teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau dikenal dengan sebutan distribusi bebas.

Berdasarkan jumlah variabel terikat

Berdasarkan jumlah variabel terikat, statistik tersebut dibagi menjadi statistik univariat dan statistik multivariat.

Statistik univariat sekarang hanya memiliki satu variabel dependen
Statistik multivariat memiliki lebih dari satu variabel dependen.

Sekian uraian tentang statistika: Pengertian, Tujuan, Kegunaan, dan Jenisnya Semoga dapat bermanfaat bagi anda menurut para ahli.

Sumber :