Pengertian Kode OTP dan Kegunaannya dalam Aplikasi

Saat menggunakan beberapa aplikasi di smartphone, terutama yang berhubungan dengan transaksi keuangan, pasti kalian akan dikirimkan kode OTP. Kode OTP adalah singkatan dari One Time Password atau biasa diartikan sebagai kode password yang hanya bersifat sementara dan hanya dapat digunakan satu kali saja. Berikut ini pengertian kode OTP dan kegunaannya dalam aplikasi.

Pengertian Kode OTP

Pengertian Kode OTP dan Kegunaannya dalam Aplikasi (1)

Kode OTP atau One Time Password adalah sebuah kode yang biasanya dikirimkan lewat email atau SMS, sebagai langkah awal dalam memperkuat autentikasi ketika memasukkan ID juga password. Saat ini, OTP juga diberlakukan di setiap aplikasi dan yang paling utama di aplikasi belanja, aplikasi dompet digital atau transaksi perbankan demi mencegah berbagai tindak kejahatan dan tindakan kriminal yang merugikan satu pihak.
Penggunaan One Time Password sudah sangat umum digunakan saat ini. Jadi, secara garis besar,OTP merupakan suatu kode antara empat sampai lima digit yang diberikan dalam waktu tertentu.
Sama dengan namanya, one time password. Di mana dalam menggunakannya hanya dapat dilakukan dalam satu kali saja, sebab hal inilah yang dipercaya dapat mencegah berbagai tindakan kriminal dan pencurian. Alasannya adalah karena kode OTP tidak dapat digunakan secara berulang hanya cukup sekali saja.
Sumber Artikel: https://bonline.id/

Kegunaan OTP

Kode OTP sangat berguna untuk melindungi transaksi yang dilakukan melalui sebuah aplikasi. Karena OTP yang dikirimkan melalui email atau SMS hanya kita yang mengetahui. Selain itu kode OTP yang diberlakukan dibeberapa aplikasi juga mencegah adanya hacking pada aplikasi tersebut karena setiap akan login harus memasukkan kode OTP.
Dengan adanya kode OTP ini maka akan lebih menjaga privasi bagi pengguna dan juga untuk melindungi data-data yang ada dalam sebuah aplikasi agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,
Demikiana pengertian kode OTP dan kegunaannya dalam sebuah aplikasi. Jika kalian mendapatkan kode OTP pastikan tidak memberitahukan kepada siapapun karena itu sifatnya adalah privasi