Pengertian Hygiene, Ruang Lingkup, Manfaat, dan Contoh

Pengertian hygiene (higiene)

pengertian-hygiene

Pengertian higiene adalah upaya atau tindakan yang bertujuan untuk menjaga / meningkatkan higienitas dan kesehatan dengan melakukan pemeliharaan dini pada semua orang dan juga faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Tujuannya agar tidak setiap individu terpapar kuman patogen (Depkes, 1994).

Perbedaan hygiene dan hygiene

Pada dasarnya hygiene dan hygiene adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Namun, keduanya memiliki perbedaan tentunya antara lain:

  • 1. Higiene adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dari penyakit yang “benda” nya (orangnya) berada di latar depan. Kegiatan atau kegiatan seperti mencuci tangan, merebus air / makanan, produk olahan, dan lain-lain.
  • 2. Higiene sendiri adalah kegiatan menjaga kesehatan dari penyakit yang menitikberatkan pada “lingkungan” di sekitar benda (manusia). Kegiatan atau kegiatan seperti menjaga kebersihan ruangan, sirkulasi udara, pembuangan limbah, menangani pembawa penyakit, dan lain-lain.

Jadi pengertian hygiene atau sanitasi merupakan suatu tindakan preventif yang bertujuan untuk menjaga kesehatan manusia yang kegiatan atau kegiatannya difokuskan pada upaya kesehatan individu. Sedangkan pengertian higiene adalah tindakan preventif / preventif untuk menjaga kesehatan yang kegiatan atau kegiatannya difokuskan pada lingkungan manusia.

Pengertian hygiene Menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan kebersihan, kita dapat merujuk pada berbagai pendapat para ahli, di antaranya:

1. Setelah Brownell

Dijelaskannya, konsep hygiene adalah cara masyarakat menjaga dan menjaga kesehatan.

2. Menurut Astaga

Dikatakannya konsep higiene merupakan ilmu di bidang kesehatan yang mencakup semua faktor yang mendorong tercapainya hidup sehat baik secara individu maupun masyarakat.

3. Menurut Prescott

Ia mengutarakan pendapatnya bahwa pengertian higiene terbagi menjadi dua aspek, yaitu dalam kaitannya dengan individu (personal hygiene) dan juga dalam kaitannya dengan lingkungan (environment).

4. Menurut Shadily

Ia menyatakan bahwa hygiene adalah ilmu yang mempelajari kesehatan. Kebersihan sangat erat kaitannya dengan individu, makan dan minum, karena ini merupakan prasyarat untuk tingkat kesehatan tertentu.

5. Menurut Departemen Kesehatan Indonesia (2004)

Dinyatakan bahwa pentingnya kebersihan adalah upaya kesehatan dengan menjaga dan menjaga kebersihan setiap individu, misalnya dengan mencuci tangan untuk menjaga kebersihan tangan, mencuci piring untuk menjaga kebersihan piring. Dalam Kementerian Kesehatan Indonesia (1994), higiene lebih merupakan upaya higiene perorangan.

6. Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1996

Dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan higienitas meliputi segala upaya untuk memelihara, melindungi, dan juga meningkatkan kesehatan jiwa dan raga, baik untuk masyarakat maupun perorangan dengan tujuan sebagai peletak dasar bagi kelangsungan hidup sehat. dan juga untuk meningkatkan kesehatan umat manusia.

Lingkungan higienis

Berkaitan dengan penjelasan hygiene yang diuraikan di atas, berikut beberapa hal yang termasuk dalam bidang hygiene, diantaranya sebagai berikut:

  • Personal hygiene atau personal hygiene adalah upaya menjaga kebersihan diri dan kesehatan untuk kesejahteraan fisik dan psikis.
  • Hygiene Food & Beverage merupakan upaya menjaga dan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia.

Manfaat kebersihan

Seperti yang telah dijelaskan pada pernyataan hygiene di atas, di bawah ini adalah beberapa manfaat hygiene secara umum, diantaranya sebagai berikut:

  • Pastikan tempat beraktivitas bersih
  • Melindungi setiap individu dari faktor lingkungan yang dapat atau dapat merusak kesehatan fisik dan mental mereka
  • Tindakan pencegahan terhadap penyakit menular.
  • Tindakan pencegahan terhadap kecelakaan di tempat kerja.

Contoh tindakan kebersihan

Tindakan higienis dan higienis harus datang dari diri kita sendiri. Kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan pasti berdampak besar bagi lingkungan kita. Dalam hal ini, kebersihan pribadi memainkan peran yang sangat penting.

Di bawah ini adalah contoh praktik kebersihan pribadi, termasuk yang berikut ini:

  • Cuci tangan Anda dengan bersih setiap kali Anda ingin makan.
  • Mandi dan gosok gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan tubuh.
  • Perhatikan kebersihan bahan makanan serta makanan olahannya.
  • Jaga kebersihan semua peralatan memasak dan wadah makanan.

Sekian dan terima kasih telah membaca pentingnya kebersihan, ruang lingkup, manfaat dan contoh. Semoga menurut para ahli apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :