Pengertian Budaya – Macam, Ciri-Ciri, Fungsi, Unsur

Definisi budaya

pengertian-budaya

Pemahaman umum tentang budaya adalah cara hidup yang ada dalam sekelompok orang yang berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Ada juga yang berpendapat bahwa budaya ini merupakan pola hidup yang tumbuh dan berkembang dalam suatu kelompok masyarakat, yang mengatur setiap individu untuk memahami apa yang perlu dilakukan dan bagaimana perilaku manusia ketika berhadapan dengan orang lain untuk mengaturnya.

Pahami budaya menurut para ahli

Untuk memahami budaya ini, kita bisa merujuk pada beberapa pendapat para ahli, diantaranya sebagai berikut

1. Menurut Koentjaraningrat

Istilah budaya adalah keseluruhan tingkah laku manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses pembelajaran, dan semuanya diatur dalam kehidupan masyarakat.

2. Menurut Edward Burnett Tylor

Tylor menjelaskan dalam bukunya “Primmitive Culture” bahwa istilah budaya adalah suatu kesatuan yang kompleks dan rumit yang mencakup ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moralitas, adat istiadat atau keterampilan dan kebiasaan lain yang diperoleh orang-orang dalam kehidupan India dan posisi mereka sebagai anggota. masyarakat.

3. Menurut Ki Hadjar Dewantara

Kebudayaan ini merupakan hasil perjuangan rakyat melawan alam dan juga waktu, yang membuktikan kemakmuran dan juga kemuliaan hidup masyarakat dalam kondisi dan rintangan yang sulit untuk dapat mencapai kemakmuran dan juga kebahagiaan dalam hidup.

4. Menurut Linton

Lintoh berpendapat bahwa istilah budaya adalah sikap pola dan pengetahuan yang menjadi kebiasaan yang muncul dari warisan seorang anggota masyarakat secara keseluruhan.

5. Menurut Branislaw Malinowski

Pengertian budaya ini merupakan satu kesatuan yang terorganisir yang dipecah menjadi dua (2) aspek dasar, yaitu seperangkat artefak dan sistem adat istiadat.

Jenis budaya

Roy T. Cogdell dan K.S. Sitaram membagi kebudayaan dunia menjadi lima kategori. Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman, diantaranya:

  • Budaya Islam.
  • Kebudayaan Timur didominasi oleh Hindu dan Budha.
  • Budaya Barat (bule yang tinggal di Eropa dan Amerika).
  • Budaya Amerika kulit hitam.
  • Budaya Afrika.

Karakteristik budaya

Di bawah ini adalah ciri-ciri yang menjadi ciri budaya atau budaya, antara lain:

  • Budaya bukanlah bawaan, melainkan untuk dipelajari
  • Budaya memposisikan dirinya melalui simbol
  • Budaya dapat disampaikan dari orang ke orang, dari kelompok ke kelompok, dan dari generasi ke generasi
  • Budaya bersifat selektif dan mewakili sejumlah pola perilaku pengalaman manusia
  • Budaya ini bersifat dinamis, sistem yang berubah seiring waktu
  • Elemen budaya yang berbeda saling terkait.
  • Etnosentris (anggap budaya Anda sendiri sebagai yang terbaik atau sebagai tolok ukur untuk menilai budaya lain)

Fungsi budaya

Kebudayaan memiliki fungsi yang paling penting, yaitu untuk dapat memeriksa peninggalan nenek moyang, apakah pusaka tersebut baik untuk dipegang, atau perlu diperbarui atau ditinggalkan jika bersifat merusak.

Budaya dan elemen yang dikandungnya terikat waktu dan bukan kuantitas statis. Budaya ini akan terus berubah tidak peduli berapa lama / lambatnya perubahan tersebut.

Kecepatan atau lambatnya perubahan juga bergantung pada seberapa kuat budaya tersebut dan seberapa intens interaksinya dengan budaya lain.

Berikut adalah beberapa ciri budaya:

  • Meningkatkan rasa nasionalisme
  • Ada rasa toleransi dan empati
  • Komunitas memperlakukan satu sama lain dengan lebih hormat
  • Sarana bersosialisasi
  • Media pembelajaran, dll.

Unsur budaya

Kebudayaan memiliki unsurnya sendiri-sendiri, mulai dari unsur agama, bahasa, sistem pengetahuan, peralatan dan teknologi kehidupan, masyarakat, mata pencaharian dan juga seni. Disini kami juga menambahkan penjelasan:

1. Sistem agama

Sistem atau kepercayaan agama adalah sesuatu yang berhubungan atau berhubungan dengan kepercayaan. Unsur sistem keagamaan merupakan salah satu unsur budaya terpenting dalam kehidupan. Sistem ini berfungsi sebagai pengatur kehidupan bagi manusia dan Sang Pencipta.

2. Bahasa

Bahasa ini merupakan pelafalan yang indah dalam suatu unsur atau budaya budaya yang dapat menjadi alat mediasi utama bagi masyarakat untuk melanjutkan atau mengadaptasi budaya tersebut. Bentuk bahasa ada dua (2) jenis, yaitu bahasa lisan dan tulisan.

3. Sistem pengetahuan

Sistem pengetahuan ini membahas ilmu tentang kondisi alam di sekitar manusia dan sifat-sifat perangkat yang menggunakannya.

Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan dalam kaitannya dengan alam sekitarnya, flora dan fauna, tubuh manusia, waktu, alam serta perilaku sesama manusia, ruang dan angka dan lain-lain.

4. Peralatan dan teknologi hidup

Jumlah total teknik yang dimiliki oleh suatu masyarakat. Meliputi bagaimana menangani keseluruhan dan bagaimana menangani keseluruhan. Hal ini terkait dengan pengumpulan dan pengolahan bahan baku untuk menghasilkan alat kerja, sandang, alat angkut dan kebutuhan lainnya berupa barang berwujud.

5. Sistem sosial

Sistem sosial ini adalah sekelompok orang yang anggotanya betah satu sama lain. Inilah salah satu unsur cagar budaya yang sangat-sangat penting bahkan dalam sebuah tatanan sosial. Elemen ini menghitung garis hubungan perkawinan dan kerabat sedarah.

6. Sistem kehidupan

Sistem mata pencaharian ini adalah segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang kita butuhkan. Mata pencaharian atau ekonomi termasuk berburu dan mengumpulkan makanan, pertanian, peternakan, penangkapan ikan, atau perdagangan.

7. Seni

Seni bisa diartikan sebagai semua keinginan manusia akan keindahan. Bentuk kecantikan yang berbeda muncul dari imajinasi kreatif yang dapat memberikan kepuasan batin pada orang tersebut.

Secara garis besar bentuk seni terbagi menjadi tiga (3) garis besar, yaitu seni rupa, seni bunyi, dan seni tari.

Bentuk budaya

Ada 3 bentuk kebudayaan. Bentuk budidaya dijelaskan di bawah ini:

1. Ide atau gagasan

Ide atau gagasan itu adalah pola pikir. Pola pikir terdiri dari sekumpulan ide yang bersifat abstrak. Dengan kata lain, orang memiliki ekspektasi terhadap segala sesuatu yang mereka lihat dan jalani dalam kehidupan sehari-hari.

2. Aktivitas

Kegiatan ini merupakan kegiatan atau tindakan yang nantinya akan terjadi interaksi antar individu dalam masyarakat. Kegiatan atau kegiatan bersifat konkret dan dapat diamati dan didokumentasikan.

3. Hasil budaya

Hasil dari budaya ini berupa warisan berupa karya, benda atau bahkan fisik. Hasil kebudayaan memiliki sifat yang paling kongkrit dari dua bentuk lainnya.

Faktor budaya

Proses pembentukan budaya dipengaruhi oleh banyak faktor yang mendorong atau menghambatnya. Di bawah ini adalah beberapa faktornya:

Penggerak budaya

  • Tujuannya untuk melestarikan budaya
  • Muncul dan tertanam di jantung cinta budaya
  • Ada generasi penerus yang siap melanjutkan budayanya
  • Adanya perubahan lingkungan yang dapat mendukung perkembangan budaya
  • Jaga kelestarian budaya sedemikian rupa agar tidak hilang begitu saja

Faktor penghambat budaya

  • Banyaknya budaya asing yang terjadi dan juga berpotensi mengubah budaya lokal
  • Generasi penerus tidak tertarik dengan budaya
  • Tidak ada gunanya kembali melestarikan budaya
  • Memandang budaya sebagai sesuatu yang tua dan membuatnya lenyap atau lenyap

Contoh budaya di Indonesia

Indonesia sendiri terkenal dengan budayanya yang kaya. Di bawah ini adalah contoh kebudayaan yang terdapat di Indonesia. diantara mereka

  • Rumah adat Papua
  • Musik dangdut
  • Musik keroncong
  • Hadiah dan lainnya

Sekian dan terima kasih telah membaca tentang pengertian budaya, jenis, ciri, fungsi, unsur, bentuk dan faktor. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :