Niagahoster: Gunakan email marketing untuk kesuksesan bisnis Anda

Rate this post

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesuksesan bisnis, termasuk menerapkan pemasaran digital melalui media sosial. Namun menurut Niagahoster, ada jalan lain yang tak kalah masuk akal, yakni email marketing.

Sayangnya, belum banyak perusahaan yang menerapkan sistem email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing mereka.

Niagahoster: Gunakan email marketing untuk kesuksesan bisnis Anda

Niagahoster-Gunakan-email-marketing-untuk-kesuksesan-bisnis-Anda

Baca juga:
– Strategi Pemasaran Digital Niagahoster 2022 untuk Korporasi dan UMKM
– Virtual Career Fair Niagahoster, Memahami dunia kerja di era digital itu penting
– BlogVerse Niagahoster: Mengungkap rahasia menjadi blogger profesional
– 93% pengusaha afiliasi Niagahoster mengakui bahwa mereka harus online

Padahal, jika melihat datanya, email masih menjadi saluran dengan pengguna terbanyak dan merupakan saluran komunikasi yang aktif. Jumlah pengguna email juga akan terus bertambah hingga diperkirakan mencapai 4,3 miliar pada tahun 2023.

Oleh karena itu, email merupakan saluran komunikasi yang penting bagi perusahaan.

Menurut Dimas Gandhi Purba Diwantara, spesialis pemasaran digital di Niagahoster, email memiliki beberapa keunggulan jika digunakan sebagai sarana pemasaran. Antara lain, email dapat dikirim langsung secara personal, waktu pengiriman dapat disesuaikan, konten email juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan aktivitas penerima dan interaksi penerima email juga dapat dilacak secara individual.

“Rata-rata tingkat pembukaan email di seluruh industri adalah 17%. Sedangkan di media sosial seperti Instagram, read rate-nya hanya sekitar 2%,” kata Dimas.

Tentu saja, untuk menerapkan pemasaran email, lebih baik menggunakan email profesional yang terkait dengan nama domain perusahaan daripada alamat email gratis. Email profesional tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga lebih aman dan bebas iklan dalam hal privasi. Juga lebih mudah untuk mengelola dan mengurangi risiko ditandai sebagai email spam.

Faktor yang menyebabkan email marketing masuk ke kotak spam

Didukung oleh GliaStudio
Ilustrasi Pemasaran Email. (Niagahoster)
Ilustrasi Pemasaran Email. (Niagahoster)

Masalah paling umum dengan pemasaran email adalah email yang dikirim tidak berakhir di kotak masuk penerima, tetapi berakhir di folder spam. Hal ini memang rawan dan banyak faktor penyebabnya.

“Ada 3 faktor utama yang menyebabkan email berakhir di kotak spam. Yang pertama adalah email dilaporkan sebagai spam oleh penerima. Alasan untuk ini beragam. Bisa jadi mereka merasa tidak berlangganan email, merasa email tidak relevan, lalu terlalu banyak mengirim email atau terlalu banyak promo yang dirasa mengganggu, dan alamat email yang digunakan mencurigakan,” jelas Dimas.

Faktor kedua adalah bahwa email itu sendiri tertangkap oleh filter spam, yang bisa jadi karena beberapa alasan.

Ini mungkin karena kode HTML Gmail tidak dapat dibaca, tidak ada tautan berhenti berlangganan, email yang dikirim berisi banyak lampiran, struktur email digunakan secara tidak benar, nama pengirim salah, subjek atau isi email berisi pemicu spam kata-kata, penggunaan variasi warna teks yang terlalu banyak , huruf kapital, tebal atau emoji di subjek atau isi email, dan skor kredibilitas domain yang rendah.

Yang terakhir adalah kasus ketika server alamat IP memiliki reputasi buruk. Jika pemilik bisnis menggunakan layanan web hosting atau email hosting, servernya dibagi dan alamat IP yang digunakan sama dengan beberapa pengguna lainnya.

“Jadi bisa saja alamat IP tersebut terkena filter spam ketika pengguna lain melakukan hal yang tidak baik,” ujarnya.

Cegah pemasaran email masuk ke kotak spam
Ilustrasi Pemasaran Email. (Niagahoster)
Ilustrasi Pemasaran Email. (Niagahoster)

Untuk memastikan bahwa email pemasaran yang dikirim tidak berakhir di folder spam, pengirim harus mendapatkan izin dari penerima email. Pelanggan harus menambahkan alamat email mereka sendiri ke milis pengirim, yang tidak disertakan secara otomatis. Dan Anda tidak boleh membeli daftar email atau mengumpulkan alamat email dari situs web.

Pengirim email marketing juga harus mematuhi hukum yang berlaku. Antara lain, nama pengirim email dan alamat email harus sesuai, memberikan opsi berhenti berlangganan, menyertakan informasi alamat fisik, pesan dan subjek harus jelas dan sesuai, serta tidak boleh mengandung penipuan.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah memilih layanan hosting email yang baik dari segi keamanan agar email yang dikirim tidak tersaring oleh spam.

Itu

Baca Juga :

https://relawanfilantropi.id
https://polres-gowa.id
https://ipcportequipment.co.id
https://dprdkabprobolinggo.id